A. Visi PBI UPY

Visi Program Studi PBI UPY, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta (PBI FKIP UPY) adalah pada Pada Tahun 2043, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPY menjadi program studi yang unggul dalam menyiapkan calon guru bahasa Inggris yang bertakwa, kompeten, profesional, inovatif, berkomitmen nasional, dan berwawasan global dalam bidang pendidikan, penerjemahan, dan edupreneur bahasa Inggris.Tahap pencapaian visi UPY dijabarkan dalam lima tahap pencapaian, seperti terlihat pada gambar 1.

Gambar 1. Tonggak-Tonggak Pencapaian Visi

B. Misi PBI UPY

Misi Program Studi S1 Program Studi PBI UPY adalah mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya program studi untuk:

  1. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang efektif, efisien, demokratis, transparan, akuntabel, otonom, dan berdaya saing yang
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan calon guru Bahasa Inggris yang bertakwa, profesional, inovatif, berkomitmen nasional dan berwawasan global.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian sebagai wadah peningkatan kompetensi dosen dalam memberikan kontribusi pada dunia pendidikan dan perkembangan IPTEK;
  4. Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai penerapan ilmu pengetahuan dan keahlian sebagai wujud kepedulian program studi terhadap kebutuhan stakeholders;
  5. Menjalin kerjasama dengan institusi regional dan internasional sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas civitas akademik Program Studi PBI FKIP UPY.

C. Tujuan PBI UPY

Program Studi PBI UPY mempunyai tujuan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang:

  1. Memiliki tata kelola program studi unggul yang efektif, efisien, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil.
  2. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki keahlian akademik dalam bidang ilmu pendidikan bahasa Inggris dan pengajarannya yang didukung dengan pengetahuan, skill, dan sikap seorang pendidik yang mampu berpikir secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif; yang bertaqwa, profesional, inovatif, memiliki komitmen nasional dan berwawasan global
  3. Memiliki tenaga pendidik yang mampu mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam memberikan kontribusi pada dunia pendidikan dan perkembangan IPTEK.
  4. Memiliki kerjasama dengan institusi regional dan internasional untuk mendukung pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian secara berkelanjutan.