Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bekerja sama dengan Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) menyelenggarakan pelatihan bertema “Integrasi Deep Learning, Pendekatan Genre-Based, dan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.”

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 14 Agustus 2025di Ruang rapat Dekanat FKIP Lantai 1 Gedung UPY Unit 2 ini diikuti oleh dosen Pendidikan Bahasa Inggris UPY, serta perwakilan dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Islam Mulia, dan Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.
Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPY, Dr. Mohammad Iskandar Dzulkurnain, M.Pd., menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan memperkuat kompetensi pendidik dalam menerapkan pembelajaran mendalam, kontekstual, dan sesuai kebutuhan abad ke-21. “Kegiatan ini menjadi puncak rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) UPI yang sebelumnya digelar secara daring pada Juli dan awal Agustus 2025,” ujarnya.
Pelatihan menghadirkan berbagai sesi, mulai dari diskusi panel, lokakarya interaktif, hingga refleksi bersama. Prof. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D., menekankan pentingnya pendekatan Deep Learning yang tidak hanya menargetkan capaian akademik, tetapi juga penguatan karakter sosial, emosional, dan spiritual calon guru.
Pada sesi panel, Prof. Fuad bersama Prof. Dr. Nenden Sri Lengkanawati, M.Pd., membahas perspektif akademik tentang Deep Learning dan relevansinya dalam membentuk guru yang kritis, adaptif, dan responsif terhadap perkembangan pendidikan.
Selanjutnya, workshop kolaboratif terbagi dalam tiga sub-sesi. Prof. Emi Emilia, M.Ed., Ph.D., menyampaikan materi deep reading berbasis Genre-Based Approach. Dr. Sudarsono MI, S.Pd., M.A. mengulas strategi deep writing, sementara Dr. Finita Dewi, M.A. menutup kegiatan dengan praktik integrasi teknologi, termasuk pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung pembelajaran berbasis Deep Learning.
